Teknologi Tepat Guna Terbaru Dalam Bidang Komunikasi Dan Informasi

Saat ini teknologi internet berperan vital dalam komunikasi dan informasi. Berbagai hal dapat dengan mudah diakses. Begitu pula pada sektor komunikasi, bila dahulu orang harus berkirim surat untuk menyampaikan kabar, sehingga terkadang berita yang disampaikan sudah terlambat, namun kini orang-orang sudah menggunakan telepon seluler untuk berbicara secara langsung ataupun melakukan panggilan video.

Sejak telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell, pada bulan Maret tahun 1876, komunikasi dengan telepon pertama ini menggunakan kabel darat yang sangat panjang yang melintas antar negara untuk menyampaikan sinyal. Kemudian terus berkembang dengan sistem kabel bawah laut, untuk jangkauan sinyal yang lebih luas.

Selanjutnya muncul juga radio dan televisi, yang memberikan warna baru pada perkembangan teknologi telekomunikasi, sehingga orang-orang bisa melihat secara langsung ataupun mendengar berita mengenai apa yang terjadi pada berbagai belahan dunia lainnya.

Perkembangan selanjutnya adalah teknologi HP, yang menggunakan menara pemancar dan satelit untuk mengirim pesan teks, suara ataupun video.

Internet hadir pada awal tahun 1990 sebagai hasil dari riset terhadap proyek telekomunikasi sebelumnya seperti ARPANET (Advance Research Projects Agency Networks). Ide dasar dari internet ini sebenarnya hanyalah menghubungkan komputer yang berbeda secara bersama-sama untuk transfer data. Kini internet telah mencapai masa popularitasnya, dimana sekitar 2,5 milyar orang aktif menggunakan internet dalam kehidupannya.

Beberapa layanan gratis menggunakan internet yang dapat dengan mudah digunakan untuk berkirim pesan seperti Gmail, Whatsapp, Twitter sampai dengan sosial media yang semakin banyak penggunanya seperti Facebook sudah menjadi bagian dari mayoritas penduduk modern saat ini.

Teknologi tepat guna pada bidang komunikasi dan informasi ini, sekarang lebih ditekankan pada bagaimana cara mendukung teknologi yang sudah ada agar dapat berjalan lebih maksimal, dengan tujuan memberi kemudahan para pengguna yang membutuhkan akses informasi dengan cara yang simpel, disesuaikan dengan kondisi zaman yang memang menuntut mobilitas serba cepat.

Perlu diperhatikan juga, komunikasi ini berarti dalam artian luas, tidak hanya dalam batasan penggunaan gelombang elektromagnetik sebagai medianya.

Beberapa Teknologi Di Bidang Komunikasi Saat Ini

Teknologi komunikasi yang terus berkembang di antaranya adalah :

  1. Jaringan 5GJaringan 5G tidak hanya akan memberikan keunggulan dalam kecepatan saja, namun jaringan yang merupakan inovasi berkelanjutan dari industri seluler ini akan menawarkan beberapa poin penting yang mendukung komunikasi, seperti mengatasi kemacetan jaringan, efisiensi biaya, menggunakan energi yang lebih rendah, membuat jaringan yang semakin handal, dan menjangkau koneksi lebih luas ke milyaran orang dan juga berbagai perangkat.
  2. Komunikasi molekularTrend komunikasi molekular ini belum siap untuk pangsa pasar saat ini. Tidak seperti komunikasi yang memanfaat gelombang elektromagnetik, teknologi ini memanfaatkan bio-nano seperti sel rekayasa genetika ataupun sel buatan, sehingga bio molekul tersebut dapat saling berkordinasi untuk berkomunikasi.Teknologi komunikasi ini ditujukan pada sistem pengiriman obat, implan bio-hybrid dan sistem lab on a chip atau LoC. Keuntungan dari komunikasi molekular ini adalah biokompabilitas dan biostabilitas. Walaupun trend ini belum siap untuk pasar massal, namun pengembangan dan penelitiannya masih terus dilakukan.
  3. Smartphone yeng makin ‘pintar’ dengan menggunakan sensorUkuran, bentuk, dan kemampuan dari perangkat yang satu ini terus berkembang. Di samping itu, teknologi yang dikembangkan adalah sensor yang menempel di tubuh penggunanya yang akan terhubung dengan smartphone tersebut. Perangkat yang kompatibel dengan sensor ini juga mendukung pengembangan konsep mobil pintar (smart car) dan kota pintar (smart city). Jadi dengan sensor tersebut, pengguna dapat memiliki akses dengan kendaraan ataupun sarana lainnya.
  4. Komunikasi yang ramah lingkunganMenurut penelitian, teknologi komunikasi juga memberikan dampak negatif pada lingkungan, yaitu berupa 2 sampai 4 persen jejak karbon yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Solusi-solusi yang di tawarkan untuk mengatasi dampak negatif ini adalah dengan teknologi yang ramah lingkungan seperti baterai ramah lingkungan, sumber energi yang dapat diperbaharui dan sistem manajemen yang cerdas dari power system. Diharapkan teknologi ini, akan mengurangi dampak negatif dari perkembangan industri komunikasi yang sangat pesat saat ini.
  5. Keamanan cyberTidak ada jaringan yang aman dari serangan cyber. Teknologi kemanan cyber ini dikembangkan dan ditingkatkan melalui pertahanan yang semakin kokoh. Tantangan dari segi kemanan komunikasi internet digital ini semakin besar di masa depan. Solusi yang lebih baik juga sedang dikembangkan terus menerus untuk meningkatkan keamanan perangkat berupa kemajuan dalam penggunaan standar enkripsi dalam skema otentikasi.

Itulah sekilas teknologi tepat guna dalam bidang komunikasi, serta beberapa pengembangan terbaru pada saat ini. Tentunya di luar sana, kemajuan teknologi sudah semakin pesan, oleh karena itu, untuk mengimbanginya, kita harus memiliki semangat tinggi untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan untuk menyongsong masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *