Wow! Logam Paduan Ini Empat Kali Lebih Keras Dibanding Baja

Logam paduan emas dan titanium – Jika anda pernah menonton film X-Men dan anda mengenal karakter Wolverine dengan cakar tajam dan sangat keras yang terbuat dari logam, sehingga dia mampu memotong baja dengan mudah, maka penemuan teknologi kali ini juga berhubungan dengan logam.

Logam paduan atau alloy yang super keras dan mengejutkan ini, merupakan penemuan dari fisikawan di Rice University, Houston.

Seperti yang diungkapkan oleh Emilia Morosan, pimpinan dari penelitian baru untuk Science Advance di universitas tersebut menyatakan bahwa campuran 3 banding 1 antara titanium dan emas dengan struktur atom tertentu akan meningkatkan kekerasan logam paduan jenis baru, dengan tingkat hardness tiga sampai empat kali lebih keras dibandingkan dengan kebanyakan baja.

Campuran tersebut disebut juga dengan titanium-3. Campuran ini juga lebih keras dibandingkan dengan titanium murni yang pada saat ini banyak digunakan sebagai implan gigi dan pengganti sendi.

Seperti sudah banyak diketahui, titanium merupakan logam yang kuat, tahan terhadap aus dan tidak beracun. Logam ini banyak digunakan sebagai lutut dan pinggul buatan.

Namun, titanium-3 telah melewati ekspektasi mereka, karena logam paduan ini lebih biocompatible dan lebih kuat dibandingkan dengan titanium murni.

Sebelumnya para tim peneliti tersebut tidak mengetahui bila pembuatan logam paduan titanium-3 tersebut pada suhu tinggi akan menghasilkan logam paduan yang super keras, yang disebut dengan struktur kristal versi beta.

Sedangkan pada suhu rendah, atom logam tersebut akan membentuk struktur alpha dari titanium-3, yaitu bentuk struktur kubik lainnya. Struktur alpha ini akan memiliki kekerasan sama seperti titanium pada umumnya.

Logam temuan baru ini kemudian diperiksa kekerasan kristalnya melalui koleganya yaitu di Texas A&M University Turbomachinery Laboratory dan di National High Magnetic Field Laboratory, Florida Site University.

Hasil dari pengujan tersebut sangat menggembirakan, karena logam paduan baru tersebut lebih biocompatible dibandingkan dengan titanium murni.

Aplikasi Logam Paduan

Untuk dapat digunakan sebagai implan medis, logam paduan tersebut harus memiliki 2 syarat utama yaitu biocompability dan anti aus, maka titanium-3 telah memenuhi persyaratan tersebut, dengan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan titanium murni.

Kedepannya, logam paduan keras ini dapat saja digunakan pada berbagai bidang seperti industri pengeboran, industri alat-alat olahraga, militer, dan banyak bidang-bidang potensial yang dapat menggunakan logam paduan super keras ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *